Keperawatan merupakan bidang keilmuan yang kompleks merujuk kepada integrasi antara teori dan praktik.
Keberadaan instruktur/pembimbing klinik yang baik, rumah sakit pendidikan yang memadai, dan perawat rumah sakit yang mengembangkan budaya komunitas professional keperawatan akan menjadi fasilitas utama dalam penyelenggaraan pembelajaran klinik. Beberapa cara diketahui dapat digunakan oleh pemegang kepentingan terkait dalam mewujudkan pembelajaran klinik yang ideal, seperti mentoring, fasilitasi, preseptorsip, dan teman sebaya. Di antara keempat metode tersebut, preseptorsip dianggap ideal untuk membantu peserta didik di lahan klink.
Dalam mewujudkan pembelajaran klinik yang ideal menggunakan metode preseptorsip, diperlukan adanya perawat klinik yang berperan sebagai preseptor.
Materi
1. Konsep Umum Pembelajaran Klinik
2. Etik dan Issue dalam Pembelajaran klinik
3. Proses Pembelajaran Klinik
4. Metode Pembelajaran Klinik
5. Preceptorship dalam Pembelajaran Klinik
6. Teknologi dalam Pembelajaran Klinik
7. Diskusi dan Clinical Conference
8 Metode Evaluasi
9. Simulasi Praktik Klinik